Inilah Pengertian Dan Contoh Alat Kesehatan Non Elektromedik

Berbicara tentang alat kesehatan, ada banyak sekali jenis dan macamnya. Dua jenis alat kesehatan yang cukup popular di telinga kita adalah alat kesehatan Elektromedik dan non Elektromedik. Dan pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu diantara kedua jenis alat kesehatan tersebut yaitu alat kesehatan non Elektromedik.

alat kesehatan non elektromedik

Pengertian alat kesehatan secara umum adalah instrument, apparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang berfungsi sebagai berikut :

  • Mencegah dan mendagnosa penyakit
  • Menyembuhkan dan merawat orang sakit
  • Memulihkan kesehatan
  • Membentuk struktur dan memperbaiki fungsi jaringan

Sedangkan Elektromedik adalah sesuatu yang berhubungan dengan listrik “Elektro” jadi Non Elektromedik adalah kebalikan dari Elektromedik yaitu alat kesehatan yang tidak mengandung unsur listrik.

Walaupun secara istilah alat kesehatan Elektromedik lebih mengarah pada alat – alat Unit seperti Defibrillator, Pasien Monitor dan sejenisnya. Namun tetap saja secara bahasa, alat yang sangat kecil sekalipun namun menggunakan energi listrik kita bisa masukkan ke dalam jenis alat kesehatan Elektromedik ini.

Oke sekarnag kita berikan contoh alat kesehatan Non Elektromedik yang banyak digunakan di Rumah Sakit dan klinik.

1# – Instrument Bedah

Walaupun ada juga salah satu jenis instrument bedah yang termasuk ke dalam alat elektromedik, namun secara umum yang kita maksudkan di sini adalah alat – alat yang bersifat manual seperti gunting operasi, pinset, pengait dan alat sejenis lainnya. Alat ini jelas tidak menggunakan atau membuatuhkan arus listrik dalam proses penggunaannya.

2# – Ambu Bag

Mungkin tidak semua orang mengetahui alat ini. Ambu Bag adalah salah satu alat bantu pernapasan yang bekerja dengan cara manual. Yaitu dengan cara memompkan udara melalui mulut untuk membantu sistem pernapasan pada orang yang dalam kondisi kritis agar tetap bertahan.

3# – Alat Suntik

Alat suntik dapat kita golongkan menjadi dua kategori, pertama alat kesehatan non elektromedik sedangkan yang ke dua kita bisa memasukkannya ke dalam alat kesehatan bahan habis pakai. Mengapa demikian ? Ya karena alat suntik tidak mengandung unsur listrik dan alat ini hanya digunakan sekali saja, setelah itu harus dibuang dan tidak bisa digunakan kembali.

Mungkin 3 contoh ini saja cukup untuk memberikan penjelasan singkat tentang alat kesehatan non elektromedik. Untuk anda yang membutuhkan alat kesehatan untuk Rumah Sakit atau Klinik, anda bisa hubungi toko alat kesehatan online atau distributor alat kesehatan terdekat tempat tinggal anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Scroll To Top