Harga Bahan Bangunan Semakin Naik

bahan bangunan

Bahan bangunan naik terus

Beberapa tahun belakangan ini industri properti sedang menggeliat. Dibanyak kota, dengan mudah kita temukan developer yang sedang melakukan pembangunan rumah dengan berbagai kelasnya. Mulai dari yang paling rendah hingga yang paling mewah.

Diakui atau tidak. Dengan menggeliatnya bisnis ini berdampak pada harga bahan bangunan yang terus naik dari tahun ke tahun. Untuk beberapa komponen bahan bangunan naik hingga 10% pertahun. Beberapa diantaranya adalah semen, cat dan keramik.

Sebagai pengembang tentu harus bisa mengantisipasi kenaikan harga yang cukup signifikan dari tahun ke tahuan. Kenaikan harga bahan bangunan ini memang sudah terasa sejak beberapa tahun yang lalu dan ini diakui oleh beberapa pengembang di Jakarta.

Jika tahun sebelumnya kenaikan bahan bangunan hanya mencapai 5% -10%, maka tahun ini kenaikan langsung 10% bahkan sangat mungkin bisa lebih besar dari itu.

Contohnya saja, jika tahun sebelumnya harga keramik hanya bekisar antara 60ribu – 70ribu perkotak untuk kualitas atas maka tahun ini naik hingga 10% menjadi 66riu – 80ribu perkota. Tentu ini juga akan berdampak juga pada harga properti secara keseluruhan.

Sebenarnya, kenaikan bahan bangunan ini tidak hanya disebabkan oleh tingginya permintaan pasar terhadap bahan bangunan, tetapi juga dipengaruhi oleh kenaikan bahan baku dalam skala dunia. Misalnya Latex, harganya naik hingga 50% beberapa tahun belakangan ini.

Disamping kenaikan bahan bangunan ini, sebenarnya, permintaan properti juga semakin meningkat. Mulai dari rumah huni, perkantoran hingga gudang. Sehingga kenaikan harga ini sebenarnya linear dengan kenaikan permintaan pasar. Jadi kenaikan ini bisa disesuaikan dengan pasar.

Untuk anda yang memiliki budget, jangan tunda lagi untuk beli rumah, karena semakin hari semakin naik harganya. Berbeda jika anda membeli sekarang, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai kenaikan harga properti anda termasuk terhindarnya anda dari laju inflasi yang semakin menggila.

Termasuk juga untuk anda yang ingin membangun rumah sendiri. Mulailah dari sekarang. Karena bisa jadi tahun depat budget pembangunan anda naik hingga 50%. Tentu ini akan menyulitkan kita di kemudian hari

 

Scroll To Top